Ecotour Program : Wisata Kampung Cikadu - Tanjung Lesung

Aktifitas Wisata Kampung Cikadu merupakan program One Day Activity berupa perjalanan wisata budaya yang ditawarkan dalam satu Paket Aktiftas di Tanjung Lesung.

Setelah makan pagi , peserta menuju ke Start Point di Jembatan Sungai Cijeudang.
Transportasi dari Hotel menuju Jembatan Sungai Cijeudang dapat menggunakan kendaraan dari tamu / group company gathering atau dibantu dari Pihak Hotel.



GREEN CULTURE JOURNEY
Dari sinilah Anda memulai perjalanan Wisata Budaya Tanjung Lesung.
Peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan kapasitas kapal/perahu.
Kapal yang digunakan berupa perahu tradisional yang dikenal dengan nama JUKUNG.
Kapasitas perahu kayu ini 4 ~ 5 orang/ perahu.
Untuk beberapa kapal ukuran besar, mampu menampung sampai 8 ~ 10 orang.

Setelah peserta diberikan pengarahan oleh fasilitator (tata tertib, peraturan keselamatan, dsb), dimulailah perjalanan Wisata Budaya ini :
  • Peserta akan diatur pemberangkatan dari Jembatan peninggalan jaman Belanda, Sungai Cijeudang ini.
  • Sambil menikmati perjalanan dengan perahu Jukung di Aliran Sungai Cijeudang yang dikendalikan oleh salah satu penduduk lokal,  kita akan dijelaskan berbagai jenis tanaman air payau, serta jenis tanaman khas di sungai ini, yaitu 'tanaman yang iasa dipakai untuk "ateup"/atap rumah tradisional
  • Setelah menempuh perjalanan 10 ~ 15 menit di sungai dangkal ini, kita akan bersandar di permukiman penduduk Kampung Sawah , Cikadu - Tanjung Lesung. Alunan musik tradisional Gondang Lesung / Bendrong Lesung mulai terdengar menyambut kedatangan kita.
  • Setelah semua perahu bersandar dan seluruh peserta naik ke darat, kita akan disambut Traditional Welcome Drink berupa minuman segar Kelapa Muda, sambil menikmati atraksi RAMPAK MUSIK GONDANG LESUNG yang dibawakan oleh remaja putri dan kaum ibu.
  • Setelah menikmati segarnya kelapa muda, rombongan akan diajak terlibat memainkan musik tradisional ciri khas Tanjung Lesung ini.
  • Program berikutnya adalah games kompetisi membuat makanan tradisional dari bahan singkong atau jagung. Syaratnya alat memasak harus menggunakan 'hawu' (tungku masak tradisional).  Pada program tertenttu, konsep ini disetting sebagai permainan 'TREASURE HUNT" dimana peserta akan diberi PETA TREASURE HUNT untuk mendapatkan bahan dan alat untuk membuat makanan ini.
  • Sambil menunggu makanan matang dan siap saji, peserta diajak secara interaktif dalam permaian kompetisi tradisional seperti : gatrik, galah, adu karet, dsb,
  • Saatnya break time, bersamaan dengan makanan yang kita masak siap santap. Makan bersama ala kampung dilengkapi dengan alunan musik kecapi suling yang dibawakan oleh masyarakat.
Gambaran Program di atas merupakan salah satu PAKET YANG DITAWARKAN, di Wisata Kampung Cikadu ini.
Untuk jenis paket dan aktifitas seru lainnya masih tersedia, seperti :
- Kompetisi Tangkap Ikan (saat musim panen ikan )
- Kompetisi Panen Singkong
- dsb

  •  


  •  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar